bahaya copy paste di blog

bahaya copy paste di blog
bahaya copy paste di blog

selamat datang sobat paperhouse , plagiat atau copy paste memang merupakan kegiatan ilegal karena melanggar hak cipta seseorang , copy paste sekarang ini sudah marak kita temukan , copy game , copy artikel , copy musik , maupun copy movie . namun bagi sobat blogger copy paste tersebut ternyata berbahaya , bahaya apakah itu ?
berikut rangkumannya :


A.akibat sering melakukan copy paste

1. kena sandbox dari google
para blogger tentu ingin agar artikel kalian masuk google kan , dan juga berharap bisa mendapat posisi ranking satu di pencarian, tetapi jika artikel yang kalian buat hasil copy paste maka besar kemungkinan artikel tersebut akan kena sandbox , sandbox adalah penalty google yang menyebabkan artikel/blog hilang dari hasil pencarian google , sehingga blog kalian akan diasingkan dari google dan menyebabkan visitor blog kalian sedikit , karena rata-rata visitor itu datang dari search engine.

2. kena banned
beberpaa platform blogging menerapkan beberapa peraturan ketat tentang hak cipta, sehingga copy paste merupakan hal terlarang ,khususnya bagi platform blogger . blog copy paste kalian tidak akan langsung kena banned , tetapi ketika berumur lebih dari 1 tahun , maka secara langsung banned akan dilayangkan kepada blog kalian . bayangkan blog yang sudah kita urus berbulan-bulan hilang dalam sekejap karena kecerobohan kita ,

3. digugat oleh pencipta asli
dalam dunia blogging ada yang namanya chilling effect oleh DMCA (digital millenium copyright arc) sebuah situs yang bergerak dibidang hak cipta , nah jika artikel kalian adalah hasil copypaste maka sang pemncipta asli dapat melayangkan gugatan kepada blog kalian melalui DMCA bekerja sama dengan Google , sehingga blog kalian akan kena chilling effect atau akses ke blog/artikel copy paste diblokir , atau artikel bisa saja dihapus .

4. Rugi waktu dan usaha
nah , apa untungnya membuat blog copy paste , cos , blog tersebut tidak akan bertahan lama , karena cepat atau lambat akan terkena penalty baik ringan maupun penalty berat , sehingga usaha dan waktu kalian terbuang percuma , jadi lebih baik buatlah artikel oroginal . atau kalian bisa mengikuti tips copy paste aman di bawah ini.

B. tips copy paste aman tanpa efek samping
tips copy paste atau copas aman tanpa efek samping adalah dengan mencopy paste artikel tersebut lalu , rubahlah kata-kata didalam artikel tersebut hingga berbeda 70% dengan artikel aslinya , dan juga bila perlu cantumkan link darimana inspirasi tersebut kalian dapatkan, keuntungannya adalah blog kalian tidak akan kena penalty dan juga dapat melatih keratifitas kalian dalam menulis meskipun ada 30% unsur copas , tapi kan ada 70% usaha kalian didalamnya hehehe :)

nah sekianlah artikel bahaya copy paste di blog , saya harap bisa berguna bagi kita semua , dan dilarang copy paste artikel ini (kan sudah baca tulisan diatas)
SHARE

Paperhouse

Perkenalkan nama saya paperhouse(inisial), admin sekaligus pendiri blog ini . jika kalian suka artikel ini maka silahkan share di media social atau klik tombol google plus . terima kasih sudah mampir :)

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. dan jangan lupa ! peraturan perundang-undangan tentang hak cipta tahun 2002







    dendanya paling 5miliar dan di pidana penjara 17 tahun




    ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau itu sih untuk pelanggaran hak cipta kelas berat sob , dendanya saja 5 milyar ,

      Hapus
  2. copy paste memang sangat merugikan pihak sumber sebagai penulis asli, jadi sebaiknya kita hindari copas ya mas ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya kakak
      yups, selain merugikan diri sendiri , juga merugikan orang lain .

      Hapus

kira-kira apa pendapat sobat tentang artikel yang saya tulis diatas ?
seilahkan salurkan komentar anda.