bongkar hoax : lintah mematikan dalam sayur kangkung

bongkar hoax : lintah mematikan dalam sayur kangkung
 suatu hari saya sedang berselancar ria di dunia maya , akhirnya di sela-sela kegiatan tersebut saya menemukan sebuah artikel menarik yang isinya sangat kontroversial, yang menyatakan bahwa seorang anak telah menginggal akibat lintah yang bersarang dalam usus manusia.

berikut kutipannya

"Suatu hari diklinik yang terkenal di Malaysia, semua dokter kebingungan karena ada seseorang anak kecil yang menderita sakit perut, Anak itu dibawa ke klinik setelah 2 hari mengalami diare. Sudah berbagai macam obat sakit perut yang diberikan kepada anak itu. Namun Diare tidak kunjung sembuh.


Kemudian orang tua tersebut ditanya oleh dokter, "Makanan apa yang dimakan oleh si anak dalam 2 hari ini ?, "Orang tuanya kebingungan. karena sejak anaknya diare, si anak tidak mau makan, dia hanya minum susu putih dan itu pun muntah.
Setelah diperiksa ternyata sebelum menderita diare, malam hari si anak memakan Kangkung tumis di restoran bersama orang tuanya. dokter segera melakukan X-RAY ternyata dalam usus anak tersebut telah berkembang biak LINTAH dengan anaknya kecil keci. Dokter menyerah dan mengatakan tidak sanggup mengambil tindakan medis apapun. Akhirnya anak kecil malang itu meninggal dunia.



Setelah diperiksa ulang, ternyata lintah itu sebelumnya berada di dalam BATANG KANGKUNG yang besar. Memang untuk penggemar kangkung tumis yang paling enak adalah batangnya.


Lintah yang berada didalam batang kangkung itu tidak akan mati walau dimasak selama 20 menit, apalagi kalau kangkung tumis memasak tidak terlalu lama agar menghasilkan rasa yang sedap. Lintah hanya akan mati jika di BAKAR.


Di dalam usus anak itu, lintah hanya butuh 1-2 hari untuk berkembang biak, Jika ada keluarga atau teman yang mengalami hal tersebut, lakukan tindakan dengan memberi minum air rendaman TEMBAKAU (bisa dari rokok kretek) biasanya lintah akan keluar dalam keadaan mati. dan disarankan saat anda memasa kangung agar dibelah dan cuci sampar bersih batangnya."

akhirnya setelah saya cermati betul-betul , saya menemukan beberapa kejanggalan dalam laporan tersebut hingga akhirnya laporan tersebut saya nyatakan adalah sebuah hoax , kenapa hoax ??, ada beberapa alasan yang bisa digunakan untuk menyatakan bahwa itu adalah hoax . berukut beberapa fakta dan buktinya :

1. berita tersebut tidak mempunyai sumber yang jelas dan akurat.
berita tersebut saya kutip apa adanya , dan dalam berita tersebut tidak saya temukan sebuah sumber pasti darimana berita tersebut didapatkan , selain itu dari gaya bahasanya saja saya sudah tahu bahwa bertia tersebut adalah asal tulis dan mirip seperti cerita karangan belaka.

2. tidak ada bukti yang kuat
dalam berita diatas tidak saya temukan sebuah bukti yang kuat yang menyatakan bahwa berita tersebut adalah real , selain itu dalam  berita diatas juga tidak disertai pengakuan dari para ahli maupun dokter yang menangani pasien tersebut.

3. lintah mati jika dibakar ?
secara nyata sangatlah mudah untuk membunuh seekor lintah , cukup taburkan cuka atau garam di tubuh lintah tersebut , maka lintah tersebut akan mati karena kekurangan cairan . selain itu ada sebuah pernyataan hoax yang saya temukan dalam berita tersebut yang berbunyi

"Lintah yang berada didalam batang kangkung itu tidak akan mati walau dimasak selama 20 menit, apalagi kalau kangkung tumis memasak tidak terlalu lama agar menghasilkan rasa yang sedap. Lintah hanya akan mati jika di BAKAR."

dan seperti yang kita ketahui bahwa dalam setiap masakan pasti tidak lupa si tukang masak akan menambahkan garam, selain itu panas yang ditibulkan juga cukup untuk membunuh oranisme lunak seperti lintah. bagaimana sudah terlihat kan unsur hoax dalam cerita tersebut ?, atau jika belum puas maka bisa lanjutkan di bukti keempat.

4.sistem pertahanan asam klorida dalam lambung
asam klorida mempunyai daya hancur yang kuat , bahkan ketika sepotong kayu dimasukan kedalam asam klorida maka dengan cepat kayu tersebut akan larut dalam asam. oleh karena itu lambung mempunyai sebuah lapisan yang mencegah asam klorida untuk melarutkan dinding lambung. nah jika seandainya seekor lintah masuk kedalam pencernaan , maka besar kemungkinan lintah tersebut akan segera terbunuh oleh asam lambung .

5. membunuh lintah dengan larutan tembakau ??
ada-ada saja yang ditulis oleh pengarang berita diatas , tembakau dalam rokok saja bisa memberikan efek merusak yang hebat pada organ tubuh , apalagi meminum larutan tembakau , tentu hal ini akan mengakibatkan efek yang sangat merusak bagi tubuh anda khususnya pada bagian pencernaan. bukannya membunuh lintah ,hal itu bisa saja membunuh diri anda.

nah itu dia beberapa fakta yang saya dapatkan bahwa kangkung sepenuhnya aman dikonsumsi asal cara memasak dan mengelolanya dengan benar , masaklah kangkung sampai benar-benar matang sehingga aman dikonsumsi , selain itu sangat tidak dianjurkan untuk percaya pada sebuah berita yang tidak ada sumber yang jelas.

SHARE

Paperhouse

Perkenalkan nama saya paperhouse(inisial), admin sekaligus pendiri blog ini . jika kalian suka artikel ini maka silahkan share di media social atau klik tombol google plus . terima kasih sudah mampir :)

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

kira-kira apa pendapat sobat tentang artikel yang saya tulis diatas ?
seilahkan salurkan komentar anda.