kenapa di pesawat komersial tidak ada parasut

kenapa di pesawat komersial tidak ada parasut

parasut mungkin adalah penyelamat yang berguna saat terjun bebas dari udara , nah dalam kesehariannya khususnya yang sering menggunakan pesawat komersial pasti anda pernah bertanya " kenapa saya tidak diberikan parasut untuk keselamatan jika terjadi kecelakaan udara ? ".

nah bagi sobat yang masih bingung kenapa di pesawat tidak ada parasut , maka berikut admin akan jelaskan penyebabnya :

1. perlu pelatihan sebelum menggunakan parasut


bagi kalian yang belum pernah menggunakan parasut atau hanya pernah lihat saja , maka kalian tidak akan tahu bahwa menggunakan parasut itu tidak mudah , sebab ada beberapa aturan yang harus dipatuhi sebelum menggunakan parasut , jika seandainya penumpang menggunakan parasut secara sembarangan ,maka bukannya selamat , tapi malah berakibat fatal.

2. penerjunan massal tanpa takhnik sangat berbahaya

kita tahu bahwa jika terjadi kecelakaan udara , maka otomatis semua penumpang akan panik , dan akan sangat berbahaya jika penumpang yang panik tersebut terjun secara massal dengan parasut , penumpang yang nekat terjun akan saling bertabrakan satu sama lain , selain itu akbiat dari tabrakan tersebut adalah parasut yang tiba-tiba bisa kusut dan tidak mengembang , sehingga dapat memicu terjadinya terjun bebas dari ketinggian diatas 12100 kaki. ( note : kemungkinan selamat 3%)

3. tekanan udara yang sangat tinggi

ketika pesawat semakin berada di ketinggian , maka tekanan dalam kabin pesawat akan semakin naik .dalam keadaan tersebut pintu pesawat haruslah tertutup rapat , karena jika dibuka maka tekanan yang ada di dalam pesawat akan keluar dan seluruh barang ataupun penumpang pesawat akan tersedot keluar .

jika seandainya penumpang dibekali parasut , maka kemungkinan besar ketika terjadi kepanikan mereka akan segera berusaha keluar dengan membuka pintu pesawat , sehingga dapat mengakibatkan tersedotnya seluruh muatan pesawat keluar . Beruntung jika yang dibuka adalah pintu belakang , kalau seandainya yang dibuka adalah pintu depan , maka seluruh penumpang yang tersedot akan langsung masuk ke engine jet pesawat dan menghancurkan tubuh seluruh penumpang yang tersedot layaknya blender manusia.

kenapa di pesawat komersial tidak ada parasut
mesin jet pesawat


4. akan sulit bernafas di ketinggian

seorang parachuter atau penerjun parasut proffesional haruslah mempertimbangkan ketinggian sebelum terjun , karena ketinggian untuk penerjunan aman adalah di bawah 11000 kaki , diatas ketinggian tersebut kemungkinan para penerjun tidak akan selamat karena kekurangan oksigen.

nah pesawat komersial terbang diatas ketinggian 12000 kaki , jika seandainya para penumpang yang panik terjun bebas dari ketinggian tersebut , maka besar kemungkinan mereka akan mengalami petaka di udara karena tidak bisa bernafas .


5. biayanya sangatlah mahal

harga satu unit parasut sangatlah mahal , belum lagi harus menyediakan parasut untuk seluruh penumpang , maka perusahaan penerbangan harus mengeluarkan dana yang ekstrim , serta penumpang yang harus membayar ekstra mahal saat terbang.

6. kecepatan pesawat yang membahayakan penerjun

kecepatan rata-rata pesawat adalah 300 knot , jika seandainya penumpang pesawat yang panik nekat terjun langsung , maka bisa dibayankan tubuhnya akab bablas seketika , belum lagi bisa terjadinya tabrakan dengan ekor pesawat yang berakibat sangat fatal. kemungkinan selamat dalam hal ini sangatlah kecil dan hampir tidak mungkin.

7. ruang gerak yang sempit saat panik 

ruang gerak di pesawat sangatlah sempit , untuk berjalan ke toilet saja sudah sangat menyusahkan , apalagi saat panik , kemungkinan seluruh penumpang akan berebut keluar pesawat melalui jalan yang sempit tersebut . dalam keadaan ini anda sangatlah mustahil untuk bisa keluar dari pesawat .

nah itu dia beberapa penyebab kenapa tidak ada parasut di pesawat komersial. diatas adalah hasil dari penalaran admin paperhouse sebagai pilot elite blogger.
kalau artikel ini dirasa bermanfaat silahkan klik tombol google plus di bawah postingan ini , jangan lupa untuk share artikel ini di social media , dan like juga fanspage kami.

dilarang copy paste :)
SHARE

Paperhouse

Perkenalkan nama saya paperhouse(inisial), admin sekaligus pendiri blog ini . jika kalian suka artikel ini maka silahkan share di media social atau klik tombol google plus . terima kasih sudah mampir :)

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Kalo pesawatnya yg diberi parasut kira kira bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak efektif , malah akan membahayakan . karena laju pesawat yang jatuh itu meluncur ke bawah bukannya jatuh vertikal seperti manusia , jadi parasut besar yang dipasangkan ke pesawat justru akan menghadap ke belakang , dan tidak memberikan efek apa-apa pada keselamatan .

      sebenarnya parasut bisa digunakan pada pesawat sebagai rem pada saat pendaratan , khususnya pesawat kecepatan tinggi yang kurang landasan pacu ,

      Hapus

kira-kira apa pendapat sobat tentang artikel yang saya tulis diatas ?
seilahkan salurkan komentar anda.