Hal paling pertama di internet

  Hal paling pertama di internet
hal paling pertama di internet

selamat datang kembali di blog yang sepi ini , para sobat paperhouse semua pasti tahu apa itu internet, bahkan sekarang internet telah menjadi keperluan pokok bagi beberapa masyarakat di dunia , mungkin juga merupakan keperlulan pokok bagi sobat paperhouse di rumah , khususnya untuk social media , browsing , youtube , googling , maupun mengurus blog . tapi tahukah sobat paperhouse tentang fakta-fakta unik di internet ?

berikut rangkumannya tentang Hal paling pertama di internet

1. kemunculan internet pertama kali

pada tahun 1969 sebuah dunia baru telah ditemukan oleh para ilmuan di amerika serikat , tentunya  dunia tersebut adalah sebuah dunia yang sekarang kita sebut sebagai dunia maya , dunia ini ditemukan 

lewat proyek ARPA/ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), para teknisi yang bermarkas di gedung Pentagon itu mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

 orang bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET selanjutnya merancang bentuk jaringan, kehandalan, dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan. Hasil dari proyek inilah yang menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

ARPANET kemudian dipecah menjadi milnet ( khusus jaringan instansi militer ) , dan arpanet kecil yang ditujukan untuk kepentingan pendidikan .
Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan lagi menjadi Internet alias ‘Dunia Maya’.

2. situs web pertama di dunia 

pada awalnya penggunaan internet masih menggunakan sistem IP ( internet protocol ) sehingga sangat sulit untuk menghapalkan alamat situs yang berupa digit angka numerik. sehingga akhirnya dubuatlah sistem domain untuk lebih memudahkan pengguna. 

dan dimulainya  era World Wide Web alias ‘www’ yang dibuat oleh Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee pada 6 Agustus 1991. Beliau saat itu mengorbitkan http://nxoc01.cern.ch sebagai situs pertama dan kemudian diikuti dengan http://nxoc01.cern.ch/hypertext/WWW/...heProject.html yang menjadi halaman web pertama ( situs ini sudah nonaktif , jadi tidak bisa dikunjungi lagi ).
untuk dapat menampilkan situsnya berners-lee menggunakan komputer NeXTcube sebagai server web yang menjadikan komputer seharga USD 6.500 sebagai web server pertama di dunia.


 3. domain pertama di dunia
domain berfungsi untuk menterjemahkan ip komputer/server menjadi rangkaian kata/kalimat yang berbentuk alamat dalam web ,
Domain pertama kali dibuat pada tahun 1984 yang terdiri dari domain top level seperti [dot]COM, .ORG, .EDU, .GOV, .MIL dan cc.TLD.


-Tanggal 15 Maret 1985, domain komersial pertama (.com) didaftarkan atas nama Symbolics.com oleh perusahaan komputer Symbolics Inc., menyusul kemudian 5 domain berikut: bbn.com (24 April 1985), think.com (24 Mei 1985), mcc.com (11 Juli 1985) dec.com, (30 September 1985) northrop.com (7 November 1985) Bulan April 1985, domain yang diperuntukkan bagi institusi pendidikan [.edu] pertama kali terdaftar atas nama cmu.edu, purdue.edu, rice.edu and ucla.edu

-Juni 1985, domain yang diperuntukkan bagi institusi pemerintahan [.gov] pertama kali terdaftar atas nama css.gov

-Juli 1985, domain yang diperuntukkan bagi organisasi [.org] pertama kali terdaftar atas nama mitre.org

-Hingga Juni 2010, menurut statistik Domaintools tercatat ada 119.928.149 domain aktif dan 87.818.851 di antaranya adalah domain [.com]

4. Email pertama di dunia

pada awalnya ray tomlison pada tahun 1971 memulai eksperimen SNDMSG, proyek ini berfunsi untuk dapat mengirimkan sebuah pesan lewat protocol CYPNET  , pada awalnya proses mengirim dan menerima pesan hanya bisa dilakukan oleh komputer yang terhubung ke ARPANET saja , shingga masih sangat terbatas. hal ini juga merupakan sejarah ditemukannya email pertama di dunia , dan tahukan kalian , email pertama di dunia isinya adalah "QWERTY" yang dibuat oleh ray tomlinson sebagai bagian dari percobaan pengiriman email pertamanya.

5. search engine pertama di dunia 

saat ini google adalah search engine terbesar di dunia , dengan rata-rata kunjungan dan pemakaian perharinya bisa mencapai ratusan juta , namun sebelum google ditemukan ternyata telah ada beberapa search engine pertama di dunia,

search engine tersebut dibuat oleh Alan Emtage yang saat itu masih berstatus mahasiswa di McGill University, Kanada. Tahun 1990, dia membuat search engine pertama di dunia dengan kemampuan masih terbatas yang diberi nama “Archie” (diambil dari kata archives). Archie kemudian diikuti oleh “Veronica”, “Jughead” dan “Wandex” pada 1993. kemudian barulah setelah itu menyusul beberapa search engine ternama seperti Google , yahoo , Bing , dan altavista.

6. web browser pertama di dunia


Proyek “World Wide Web” alias “www” yang dikerjakan oleh Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee pada tahun 1991 ternyata bukan saja menandai munculnya situs web pertama di dunia namun juga melahirkan web browser (penjelajah/peramban web) pertama di dunia. Selanjutnya agar tidak rancu, Sir Berners Lee kemudian mengubah nama browsernya menjadi “Nexus”, lalu disempurnakan lagi menjadi “libwww”.

 7. IM (instant messaging) pertama di dunia

IM adalah sebuah fitur di dunia maya yang dapat digunakan untuk melakukan percakapan singkat/chatting lewat pesang singkat , sebenarya IM ditemukan pada tahun 1996 , dan merupakan IM pertama di dunia maya
IM pertama di dunia bernama ICQ hasil karya Yair Goldfinger, Arik Vardi, Sefi Vigiser, dan Amnon Amir yang dirilis pada November 1996, barulah pada tahun 1998 yahoo mulai merajai fitur IM , dan merupakan IM terbesar di dunia.

8. Blog pertama di dunia

Blog adalah singkatan dari weblog , tetapi blog sangatlah berbeda dengan website , blog lebih bersifat personal , dan website lebih bersifat professional , namun beberapa blog sudah bersifat proffesional dikarenakan digunakan untuk kepentingan organisasi dan instansi.


Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Anderseen pada tahun 1993. Istilah blog pertama kali dicetuskan oleh John Barger pada 17 September 1997 sebagai “weblog” lalu disederhanakan lagi menjadi “blog” oleh Peter Merholz. Sementara Justin Hall yang telah menulis blog sejak 1994 diakui sebagai blogger pertama di dunia.

 9. social media pertama di dunia

Facebook adalah salah satu social media yang saat ini banyak digunakan selain twitter, namun facebook bukanlah social media pertama di dunia , jauh sebelum facebook ditemukan , ternyata sudah ada beberapa social media yang pernah digunakan oleh beberapa orang di dunia untuk saling berkomunikasi.

sudah diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang menjadikannya sebagai situs social networking pertama di dunia. Tahun 1997, SixDegrees.com hadir menyempurnakan fitur-fitur Classmates.com dan menginspirasi munculnya sejumlah social networking terkemuka seperti Friendster (2002), MySpace (2003), Facebook (2004) dan Twitter (2006).

10. hoax pertama di internet 

hoax adalah sebuah informasi palsu yang biasanya mengundang kontroversi,  hoax biasanya ditebar melalui media massa dan bisanya akan marak pada 1 april yang dikenal sebagai april mop ( kejahilan di bulan april ) ,
hoax pertama kali beredar di internet pada 1 April 1984 yang mengabarkan bahwa (ex negara) Uni Soviet akan bergabung dalam jaringan Usenet di AS.

sekianlah artikel tentang Hal paling pertama di internet

semoga bisa sedikit menghibur para netter semua sekaligus menambah wawasan kita mengenai dunia maya , tetap kunjungi blog ini untuk terus mendapat update informasi menarik terbaru. jangan lupa di bookmark ya :)




SHARE

Paperhouse

Perkenalkan nama saya paperhouse(inisial), admin sekaligus pendiri blog ini . jika kalian suka artikel ini maka silahkan share di media social atau klik tombol google plus . terima kasih sudah mampir :)

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. saya banget ya web pertama di internet tidak bisa dikunjungi, padahal ingin lihat apa isinya

    BalasHapus
  2. saya banget ya web pertama di internet tidak bisa dikunjungi, padahal ingin lihat apa isinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya

      sama juga sob , saya juga awalnya mau melihat website pertama di dunia tapi sayang sudah tidak aktif lagi, tapi beberapa rekaman atau duplikat website tersebut masih ada kok sob di internet ,

      Hapus

kira-kira apa pendapat sobat tentang artikel yang saya tulis diatas ?
seilahkan salurkan komentar anda.