kelebihan dan kekurangan gunakan breadcumbs navigation di blog



1
selamat datang sobat paperhouse , khususnya para blogger yang sedang membaca artikel ini . nah para
blogger tentu pernah mendengar kata breadcumbs bukan , bagi yang belum tahu , maka akan saya jelaskan apa itu breadcumbs terlebih dahulu.

breadcumbs adalah sebuah navigasi peta situs yang ada pada sebuah situs web/blog , navigasi ini akan memberikan informasi tentang letak artikel yang kita baca sehingga mudah mengetahui posisi kita di sebuah halaman web.

contoh : jika kita pernah menjelajah sebuah halaman web, maka diatasnya akan ada tulisan link-link seperti ini : home> tutorial > tutorial blogger > kelebihan dan kekurangan gunakan breadcumbs ,
nah link itulah yang dinmakan breadcumbs ,

tentang breadcumbs , ada beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan dalam memasangnya , karena breadcumbs ,selain memiliki beberapa kelebihan dan juga memiliki beberapa kekurangan .

berikut rangkumannya :
A. kelebihan memasang breadcumbs

1. memudahkan navigasi pengunjung
dengan memasang breadcumbs maka visitor akan semakin mudah dalam menjelajah blog kalian karena sudah tersaji peta situs yang pernah mereka lalui , sehinnga para pengunjung tidak akan bingung untuk kembali ke kategori sebelumnya jika ingin membaca artikel terkait yang ada dalam satu kategori, tanpa harus menekan tombol back .

2. memudahkan google bot dalam mencrawl
google bot akan sangat terbantu jika kalian memasang breadcumbs , karena penelusuran ke masing-masing artikel kalian akan lebih terstruktur , tiap-tiap kategori kalian akan kemungkinan ikut terindeks dalam breadcumbs.

3. mengurangi bunce rate
tentang hal ini masih belum pasti , karena beberapa master seo belum pernah mempraktekannya , namun menurut analisa saya breadcumbs mampu mengurangi bounce rate , karena pengunjung akan sangat mudah menelusiri setiap artikel yang kita miliki melalui navigasi ini, sehingga page view menjadi meningkat

B. kekurangan memasang breadcumbs di blog

1, keyword di blog menjadi buyar
breadcumbs dapat membuat keyword yang kalian posting dalam setiap artikel kalian menjadi pudar atau hilang di mata search engine , saya kurang tahu pasti tentang hal ini , namun itulah yang pernah dialami oleh blog saya ketika memasang breadcumbs. tiba-tiba saja semua keyword artikel saya menjadi hilang di hasil pencarian google, bahkan dengan kata kunci yang paling spesifik pun. dan setelah saya cermati ternyata pernalink seo artikel saya tergantikan dengan alamat breadcumbs .
yang awalnya : http://uniksekali97.blogspot.com/2014/06/bahaya-copy-paste-di-blog.html
menjadi : http://uniksekali97.blogspot.com>tips and trik > blogger > bahaya copy paste di blog

2. blog dengan breadcumbs kalah bersaing dengan blog  tanpa breadcumbs
coba kalian perhatikan artikel yang beredar di search engine , blog yang memiliki breadcumbs akan sangat sulit mendapatkan posisi nomor satu atau mengalahkan blog yang polosan ( tidak menggunakan breadcumbs), namun jika blog kalian memang benar-benar sangat seo , maka tidak ada yang tidak mungkin untuk mendapatkan posisi top 1.

3. situs besar tidak menggunakan breadcumbs
coba kalian lihat beberapa situs besar seperti wikipedia , sejauh pengamatan saya saat ini , wikipedia tidak menggunakan breadcumbs dalam website nya , padahal wikipedia adalah sebuah situs besar yang selalu memenangi persaingan kata kunci . beberapa situs besar yang lainnya juga sangat jarang ada yang memasang breadcumbs . namun situs mereka justru unggul dimata search engine.

itulah beberapa kelebihan dan kekurangan breadcumbs ,  fakta diatas saya ambil dari pengalaman saya pribadi yang sempat menggunakan breadcumbs di blog ini ,
namun saat ini breadcumbs tersebut sudah saya lepaskan dari blog saya , karena lebih banyak kerugiannya daripada keuntungan  bagi blog saya ini.

kalau berkenan , mohon klik tombol google plus  di blog ini ya sob.
SHARE

Paperhouse

Perkenalkan nama saya paperhouse(inisial), admin sekaligus pendiri blog ini . jika kalian suka artikel ini maka silahkan share di media social atau klik tombol google plus . terima kasih sudah mampir :)

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

kira-kira apa pendapat sobat tentang artikel yang saya tulis diatas ?
seilahkan salurkan komentar anda.