bongkar hoax : udang + viamin c menyebabkan kematian

fakta udang dan vitamin c menyebabkan kematian at uniksekali97.blogspot.com

 salam sobat paperhouse
pada posting ini , admin akan mengungkap mitos "mengkonsumsi udang dan vitamin c bisa menyebabkan kematian", banyak orang yang sudah memperdebatkan hal ini , akan tetapi kini mitos tersebut sudah terbongkar oleh beberapa fakta.
berikut rangkumanya:


sebelum itu saya akan tampilkan mitosnya dahulu:
diketahui bahwa udang sudah mengandung arsenik namun dengan takaran yang sangat kecil, nah menurut mitos , jika mengkonsumsi udang dan vitamin c secara bersamaan maka arsenik dalam udang yang tidak mematikan akan berubah menjadi senyawa arsenik trioxida yang mematikan..
mitos ini juga diperkuat oleh beberapa berita kasus keracunan makananyang mengatakan bahwa seorang wanita yang telah meninggal tragis dengan darah yang keluar dari panca indranya, akibat mengkonsumsi udang dan vitamin c.

dan inilah faktanya :

arsenik memang beracun bagi manusia. Terkena sedikit paparan arsenik bisa menyebabkan masalah kesehatan, sementara terkena paparan arsenik yang tinggi bisa menyebabkan kematian. Namun vitamin C tak memiliki zat yang bisa mengubah elemen tak beracun menjadi arsenik.
Para peneliti di bidang kesehatan telah mengamati interaksi antara vitamin C dan arsenik. Uniknya mereka bahkan menemukan manfaat dari interaksi vitamin C dan arsenik trioksida, salah satunya adalah untuk meningkatkan efektivitas obat kanker. Tak ada penelitian yang menunjukkan bahwa percampuran vitamin C dengan arsenik bisa menyebabkan keracunan.
Selain itu, selama ini masakan laut juga sering dibuat menggunakan bahan makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jeruk nipis, dan lainnya. Jika vitamin C dan makanan laut memang bisa menyebabkan keracunan, seharusnya sejak dulu telah banyak orang yang keracunan makanan.
Berdasarkan standar nasional di China, satu kilogram udang hanya mengandung arsenik on organik sebanyak 0,5 miligram. Bahkan jika semua arsenik non-organik diubah menjadi arsenik trioksida, seseorang harus setidaknya mengonsumsi 150 kilogram udang sekali makan untuk bisa menyebabkan keracunan.
 
dikutip dari : www.merdeka.com
SHARE

Paperhouse

Perkenalkan nama saya paperhouse(inisial), admin sekaligus pendiri blog ini . jika kalian suka artikel ini maka silahkan share di media social atau klik tombol google plus . terima kasih sudah mampir :)

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

kira-kira apa pendapat sobat tentang artikel yang saya tulis diatas ?
seilahkan salurkan komentar anda.