ciri-ciri komputer kena virus/malware

ciri-ciri komputer kena virus/malware
ciri-ciri-komputer kena virus/malware
selamat datang sobat paperhouse , komputer memang telah menjadi salah satu peralatan penting bagi beberapa orang , bahkan kini komputer telah mmenemani orang-orang dalam melakukan pekerjaan mereka , mulai dari menghitung statistik , presentasi , hingga tugas sekolah , namun apakah bahaya terbesar komputer adalah malware atau program berbahaya , bagaimana ciri-ciri komputer anda terserang malware ?, dan bagaimana pencegahannya ?
berikut rangkumannya tentang ciri-ciri komputer kena virus/malware :
1 komputer lambat

komputer yang terinfeksi virus akan menyebabkan kinerja komputer tersebut menjadi lambat , jika komputer adan sebelumnya lancar namun tiba-tiba menjadi sangat lambat , maka perlu dicurigai terserang virus/malware, karena pada dasarnya malware akan merusak system operasi dan juga melakukan duplikasi diri , sehingga lama kelamaan virus akan menjadi semakin banyak di komputer
 anda.

2. setiap membuka aplikasi selalu not responding

setiap kalian membuka aplikasi di laptop kalian dan tiba-tiba terjadi hang atau not responding maka cukup dengan menunggu maka aplikasi akan tertutup sendirinya oleh windows , tapi jika hal ini terjadi berkali-kali, maka perlu dicurigai ada malware di komputer anda , karena beberapa malware cenderung merusak program atau file berformat exe.

3. ada aplikasi atau proses aneh di komputer kalian

jika tiba-tiba ada banyak aplikasi tak dikenal dan terjadi banyak proses yang aneh , maka ini adalah perbuatan malware yang sedang berusaha merusak komputer kalian , malware akan melakukan duplikasi diri sebanyak mungkin , sehingga 1 malware bisa berkembang menjadi 1000 malware , ini tentu saja semakin membahayakan , tentunya beberapa malware akan merusak sedikit demi sedikit software komputer anda sehingga terjadi banyak proses aneh di komputer kalian.

4. antivirus, command promt tidak bisa dibuka

malware akan selalu memblok kedua aplikasi diatas dalam melakukan perusakan ke komputer korban , karena kedua aplikasi diatas mengancam kententraman malware tersebut ,

5. selalu force shutdown padahal tidak ada aplikasi terbuka

force shutdown adalah proses memaksa untuk menutup semua program yang masih terbuka ketika akan mematikan komputer, jadi semua proses akan dimatikan terlebih dahulu sebelum proses shutdown normal.
pada umumnya force shutdown terjadi ketika kita akan mematikan komputer kita tetapi masih ada beberapa program yang terbuka, tetapi jika semua program komputer kalian telah tertutup ketika akan melakukan shutdown , namun masih ada peringatan untuk melakukan force shutdown .
maka patut dicurigai bahwa komputer kalian terserang virus, karena virus akan selalu melakukan prosesnya ketika komputer dihidupkan namun sangat sulit diditeksi karena bersifat tersembunyi(hidden).

catatan :
meskipun di komputer kalian telah terinstal antivirus baik antivirus lokal dan internasional , namun bukan jaminan komputer kalian 100% aman, masih banyak celah yang tidak aman di komputer kalian yang bisa disusupi malware atau hacker, sehingga diperlukan pencegahan yang sangat cermat.
sekianlah informasi tentang ciri-ciri komputer kena virus/malware, semoga informasi diatas bisa sedikit menambah wawasan kita dalam bidang keamanan dalam dunia IT.tetap kunjungi blog ini untuk mendapatkan info menarik lainya.
SHARE

Paperhouse

Perkenalkan nama saya paperhouse(inisial), admin sekaligus pendiri blog ini . jika kalian suka artikel ini maka silahkan share di media social atau klik tombol google plus . terima kasih sudah mampir :)

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. hati-hati sob sekarang kalkulator juga bisa kena virus
    :)

    BalasHapus
  2. serem juga ya kalau komputer terkena virus getu, mungkin harus lebih hati hati ya mas kalau gunain komputer soalnya rawan virus ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya kakak
      yang penting security nya update , seperti antivirus, windows , dll

      Hapus

kira-kira apa pendapat sobat tentang artikel yang saya tulis diatas ?
seilahkan salurkan komentar anda.